Semua Yang Saya Tahu Berasal dari Membaca, Saya Akan Menuliskannya Lagi Untuk Sobats

Cafe Bisnis Online

Friday, November 5, 2010

2012, Pengguna Internet Indonesia 100 Juta

Meski pemerintah belum menyebutkan secara resmi jumlah pengguna internet di tanah air, diperkirakan saat ini penggunanya sudah mencapai sekitar 20 persen populasi di Indonesia atau sekitar 30 sampai 31 juta masyarakat.

Angka tersebut, menurut Enda Nasution, seorang blogger senior tanah air, akan terus tumbuh pesat. “Pada tahun 2012 mendatang, pengguna internet di Indonesia bisa menyentuh angka 100 juta user,” kata Enda, di sela Seminar Politik dan Bisnis Media Baru di Jakarta, 4 Agustus 2010.

Enda menyebutkan, capaian jumlah pengguna tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Pasalnya, saat ini semua sektor di kehidupan mulai mengarah ke satu tujuan, satu titik di mana Internet memang benar-benar menjadi sebuah kebutuhan.

“Terlebih lagi jika didukung dengan ekosistem yang sehat,” kata Enda. “Ekosistem di sini termasuk dari pemerintah (regulator), provider termasuk ISP dan operator selular, dan pengguna sendiri,” ucapnya.

Kemungkinan ini, menurut Enda, bukan untuk dihindari. “Dengan meluasnya penggunaan Internet, Indonesia akan dipandang sebagai negara yang maju dan terbuka oleh dunia,” ucapnya.

Sebagai gambaran, menurut data Internet World Stats di tahun 2000 lalu internet di Indonesia baru diakses oleh 2 juta pengguna. Dengan demikian, dalam kurun waktu tahun 2000 sampai 2010, telah terjadi peningkatan pengguna internet sebesar 1400 persen di tanah air.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar tentang tulisan Akang, tapi yang sopan ya... :)